KELOMPOK 5 "Aspek-aspek Penilaian dalam Buku Teks"



MENULIS BUKU TEKS 2
Aspek-Aspek Penilaian dalam Buku Teks
MAKALAH
Oleh:
Raudah Putri Ekasari                     NIM:A1B115219
Rafika Maunayulia                          NIM:A1B115040
Nur Ellyani Selvia                          NIM:A1B115217
Puteri Sarina                                   NIM:A1B115218
Humaidi                                           NIM:A1B113240

KEMENTRIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN BAHASA DAN SENI
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA
BANJARMASIN
2017



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke Hadirat Allah Swt, yang telah memberikan rahmat-Nya dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Aspek-aspek Penilaian dalam Buku Teks”. Dengan segala kerendahan hati, penulis sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Noor Cahaya, M.Pd. Selaku dosen pembimbing mata kuliah Menulis Buku Teks 2, yang dengan kesabaran dan ketekunan yang tidak sekedar membimbing penulis, tetapi juga memberikan saran dan arahan kepada penulis, hingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini sesuai pada waktunya.
Semoga petunjuk dan bimbingan yang diberikan mendapat balasan dari Allah Swt.  Harapan penulis semoga makalah ini dapat bermanfaat.




Banjarmasin, Oktober 2017


Penulis,


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR........................................................................................................ v
DAFTAR ISI...................................................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................. 1
A.    LatarBelakang............................................................................................................... 1
B.     RumusanMasalah........................................................................................................... 1
C.     Tujuan............................................................................................................................ 1
D.    Manfaat..........................................................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................... 3
A.    Pengertian...................................................................................................................... 3
B.     Aspek yang dinilai......................................................................................................... 3
C.     Waktu melakukan penilaian........................................................................................... 8
D.    Cara menilai................................................................................................................... 8
E.     Bentuk penilaian.............................................................................................................10
BAB III PENUTUP............................................................................................................ 11
A.    Simpulan........................................................................................................................ 11
B.     Saran-saran.................................................................................................................... 11
DaftarRujukan..................................................................................................................... 12
 




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Salah satu komponen yang penting dalam pembelajaran adalah evaluasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan nilai atas hasil belajar siswa dengan mengacu pada sistem nilai yang dianut. Namun, perlu diketahui bahwa ada tiga kegiatan yang berkaitan langsung dengan hasil belajar siswa, yakni mengukur, menilai, dan mengevaluasi atau dengan istilah lain adalah pengukuran (measurement), penilaian (assesment), dan evaluasi (evaluation).

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Apa pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi?
2.      Apa saja aspek yang dinilai?
3.      Kapan waktu melakukan penilaian?
4.      Bagaimana cara menilai?
5.      Seperti apa bentuk penilaian?

C.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui:
1.      Pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi
2.      Aspek yang dinilai
3.      Waktu melakukan penilaian
4.      Cara menilai
5.      Bentuk penilaian
 
D.    Manfaat
Hasil makalah ini diharapkan dapat bermanfaat baik itu manfaat teoritis atau manfaat praktis:
1.      Manfaat Teoritis
a.       Dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk memperkaya wawasan bagi siapa saja yang mempunyai minat dan perhatian terhadap pembinaan dan pengembangan menulis buku teks.
b.      Dapat menjadi masukan dalam pengembangan dan pembendaharaan terhadap kajian aspek-aspek penilaian dalam buku teks.
c.       Memperkaya wawasan dalam bidang aspek-aspek penilaian dalam buku teks.
d.      Memberikan gambaran mengenai aspek-aspek penilaian dalam buku teks.
e.       Menambah pengetahuan tentang aspek-aspek penilaian dalam buku teks.
2.      Manfaat Praktis
a.       Dapat menyumbangkan pemikiran terhadap pemecahan masalah yang berkaitan dengan aspek-aspek penilaian dalam buku teks.
b.      Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi para ahli bahasa untuk memperdalam dan memperkaya pengetahuan, khusunya di bidang menulis buku teks.
c.       Untuk dunia pendidikan dapat digunakan sebagai salah satu sumber atau bahan dalam pembelajaran menulis buku teks.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian
Pengukuran, penilaian dan evaluasi (Airasian & Russel, 2008: 9- 10). Pengukuran adalah proses menentukan ukuran sesuatu berdasarkan alat ukur satuan tertentu.
Penilaian adalah proses menentukan posisi suatu  pencapaian dibandingkan tujuan tertentu dengan menggunakan data hasil pengukuran.
Evaluasi adalah proses memberikan nilai terhadap suatu keadaan dengan menggunakan sistem nilai tertentu.
Mengukur hanya menentukan atribut sesuatu berdasarkan satuan tertentu, menilai menentukan posisi sesuatu berdasarkan hasil pengukuran dikaitkan dengan tujuan, dan evaluasi menentukan keadaan sesuatu berdasarkan hasil pengukuran dibandingkan dengan nilai sistem tertentu.
Penilaian hasil belajar, yaitu melakukan pengukuran dan mengaitkan hasil pengukuran dengan tujuan yang hendak dicapai. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan tes dalam berbagai bentuk, sedangkan tujuan yang dijadikan acuan adalah tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam kompetensi dasar dan standar kompetensi.

B.     Aspek yang dinilai
Berkaitan dengan menganilisis aspek yang perlu dinilai, penulisan buku teks pelajaran dapat menggunakan taksonomi  bloomyang membuat kategori kompetensi sebagai tujuan pembelajaran kedalam tiga ranah: pengetahuan, efektif, dan psikomotorik. Masing-masing ranah itu dapat pula dibagi dalam berbagai dimensi atau kategori (Anderson dan krathwohl, 2001). Dimensi atau kategori itu akan membantu penulis buku teks pelajaran untuk menentukan apa yang harus dinilai dan selanjutnya bagaimana menilainya.
1.      Ranah Kognitif
    Sebagai contoh, ranah pengetahuain dibagi atas empat dimensi dan masing-masing  dimensi dibagi enam proses kognitif seperti terlihat seperti terlihat dalam tabel berikiut.


2.      Ranah Afektif
Ranah afektif berkaitan dengan kondisi ketika kita mengahadapi sesuatu menggunakan emosi, seperti perasaaan, nilai, penghargaan, antusiasme, motivasi, dan sikap. Terdapat lima ketegori ranah afektif mulai dari perilaku yang  paling sederhana sampai yang paling kompleks.
3.      Ranah psikomotor
Ranah psikomotor berkaitan dengan gerakan fisik, koordinasi, dan penggunaan keterampilan motorik. Penilaian dilakukan dari segi kecepatn, ketepatan, prosedur, dan cara melakukannya. Terhadap tujuan kategori ranah psikomotorik seperti terlihat dalam tabel berikut.



1.
Persepsi kemampuan menggunakan alat sensor untuk mengendalikan kegiatan motorik, mulai dari stimulasi sensor pemilihan atal sensor sampai menerjemahkannya.
Mendeteksi alat komunikasi nonverbal. Memperkirkan di mana bola akan jatuh sesudah dilemparkan dan kemudian bergerak ke tempat yang tepat untuk menangkap bola. Menyesuaikan temperatur kompor setelah mencium bau atau mengecap masakan.
2.
Posisi kesiapan untuk bertindak, termasuk pikiran, fisik, dan emosi. Ketiga posisi ini menentukan respons seseorang terhadap situasi yang berbeda.
Mengetahui dan melakukan tindakan sesuai dengan urutan langkah-langkah dalam proses produksi. Mengetahui kemampuan dan keterbatasan seseorang dan menunjukkan keinginan untuk mempelajari proses baru.
3.
Tanggapan yang tertuntun: Tahap awal dalam mempelajari keterampilan yang rumit termasuk melalui meniru dan coba-coba. Ketepatan perilaku diperoleh melalui praktik.
Mengerjakan persamaan matematika seperti yang dicontohkam. Mengikuti petunjuk dalam membangun sebuah model.
4.
Mekanisme ini merupakan langkah berikutnya dalam mempelajari keterampilan yang rumit. Tanggapan yang dipelajari telah menjadi kebiasaan dan gerakan dilakukan dengan keyakinan dan profesional.
Menggunakan komputer pribadi, mengendarai mobil dan memperbaiki Use a personal computer dan memperbaiki keran yang bocor.
5.
Tanggapan kompleks perilaku cekatan yang menggunakan pola-pola gerakan yang rumit. Keahlian ditunjukkan melalui tindakan-tindakan yang cepat, tepat, terkoordinasi dengan baik dengan menggunakan sedikit tenaga. Kategori ini termasuk bertindak tanpa ragu-ragu dan spontan.
Memarkir mobil secara paralel di tempat parkir yang sempit. Menggunakan komputer dengan cepat dan tepat.
6.
Adaptasi keterampilan dikembangkan dengan baik dan individu dapat memodifikasi pola-pola tindakannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan khusus.
Memberikan tanggapan yang efektif terhadap pengalaman yang tidak diduga-duga. Memodifikasi strategi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa.
7.
Kreativitas menciptakan pola tindakan baru untuk menanggapi situasi dan masalah baru. Hasil belajar menekankan kreativitas atas dasar keterampilan yang dikembangkan.
Membangun teori baru, mengembangkan desain pelatihan yang baru, dan menciptakan solusi yang berbeda untuk masalah yang berbeda.



C.    Waktu Melakukan Penilaian
        Penilaian hasil belajar dapat dilakukan setidak-tidaknya setelah menyajikan bahan pelajaran untuk suatu kompetensi dasar. Pengukuran dapat dilakukan sesudah satu atau lebih materi pokok tanpa menunggu uraian semua materi pokok disajikan.

D.    Cara Menilai
        Setelah membicarakan perlunya melakukan penilaian, asperk apa yang perlu dinilai, serta kapan melakukan penilaian maka berikut ini akan dijelaskan bagaimana menilai hasil belajar siswa. Cara menilai sangat terkait dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam kompetensi dan dapat dikategorikan dalam ranah pengetahuan, efektif atau psikomotorik. masing-masing ranah itu memiliki dimensi atau kategori yang dijadikan pedoman dalam menetapkan cara, bentuk, dan alat menilai.
1.
Mengingat
Pilihan ganda/benar salah, pertanyaan.

a. Mengenal
Menempatkan pengetahuan ke dalam ingatan jangka panjang konsisten dengan bahan yang disampaikan.
b. Memanggil kembali
Mendatangkan pengetahuan yang relevan dari ingatan jangka panjang.
2.
Mengerti
Membangun makna dari pesan pembelajaran, termasuk melalui lisan, tertulis, dan grafis.

a. Menginterprestasikan
Mengubah dari satu bentuk penyajian ke bentuk lain.
b. Memberikan contoh
Memberikan contoh yang spesifik untuk satu konsep.
c. Menggolongkan
Menentukan sesuatuke dalam jenis atau kategori.
d. Meringkas
Meyajikan hal-hal penting dari suatu peristiwa.
e. Menyimpulkan
Menarik kesimpulan dari informasi yang diberikan.
f. Membandingkan
Mengidentifikasi hubungan antara dua objek atau peristiwa.
g. Menjelaskan
Menggambarkan hubungan sebab-akibat dalam sebuah sistem.
3.
Menerapkan
Melaksanakan atau menggunakan suatu prosedur dalam situasi yang diberikan.
a. Melaksanakan
Menerapkan rumus atau formula untuk tugas yang sederhana.
b. Menggunakan
Menerapkan suatu prosedur untuk tugas yang sulit.
4.
Menganalisis
Mengurai sesuatu menjadi komponen-komponen kecil dan menunjukan bagaimana hubungan antarkomponen dan hubungannya secara keseluruhan.
a. Membedakan
Membedakan komponen-komponen  yang terkait.
b. Mengorganisasikan
Menentukan bagaimana keterkaitan komponen-komponen.
c. Memberikan nilai
Menentukan sikap, pendirian, atau aliran yang terkandung dalam suatu bahan yang disajikan.
5.
Mengevaluasi
Memberikan pendapat berdasarkan kriteria dan standar.
a. Memeriksa
Menemukan ketidakjelasan dalam suatu proses atau hasil.
b. Mengkritisi
Menemukan ketidakjelasan antara hasil dan kriteria.
6.
Menciptakan
Menyatukan beberapa aspek untuk membuat suatu kesatuan yang utuh.
a. Mengembangkan
Memunculkan hipotesis alternatif berdasarkan kriteria.
b. Merencanakan
Membuat prosedur menyelesaikan suatu tugas.
c. Menghasilkan
Menemukan suatu produk.

E.     Bentuk Penilaian
Setelah bahan pelajaran disajikan, penilaian, diberikan dalam bentuk sebagai berikut:
1.      Penugasan
a.       Melakukan pengamatan atau fenomena, lalu menulis laporan hasil pengamatan, sebagai tugas individu atau kelompok.
b.      Membaca buku atau tulisan, kemudian membuat ringkasan atau sinopsisnya
c.       Mewawancarai nara sumber tentang topik, lalu menulis laporannya.
d.      Melakukan pecobaan atau mempraktikkan teori yang sedang dipelajari.
2.      Latihan
a.       Mengerjakaan soal-soal berupa test objektif (benar/salah pilihan ganda atau menjodohkan)
b.      Menjawab pertanyaan terbuka dalam bentuk esai yang isisnya besifat deskriptif/pendapat pribadi /kritik/prerandingan.
Dalam menyusun bahan untuk tugas dan latihan, penulis buku teks pelajaran hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini:
a.       Indikator keberhasial yang perlu dilihat;
b.      Tingkatan k.esulihatan bahan evaluasi (kemampuan tingkat rendah, menengah, atau tinggi);
c.       Kreativitas;
d.      Keanekaragaman cara belajar;
e.       Keanekaragaman kemampuan siswa.
Penyusunanan bahan untuk tugas dan latihan dalam buku teks hendaknya:
a.       Tidak terlalu mudah sehingga siswa tidak cepat bosan dan tidak tertantang untuk mengerjakannya;
b.      Tidak terlalu sukar sehingga siswa cepat putus asa;
c.       Tidak berbelit-belit dan sukar dipahami dalam memberikan petunjuk mengerjakan tugas/latihan/soal;
d.      Tidak mengulangi bahan evaluasi sebelumnya;
e.       Tidak salah dalam membuat soal/tugas/latihan;
f.       Tidak memerlukan waktu yang terlalu lama mengerjakannya;
g.      Tidak terlalu ketat mengacu pada silabus sehingga terkrsan kaku;
h.      Tertata secara sistematis dan hierarkis.



BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Mengukur adalah proses untuk menentukan ukuran sesuatu dengan menggunakan alat ukur dan satuan ukur tertentu. Menilai adalah proses mengukur dan menentukan posisi atau kedudukan sesuatu dibandingkan dengan tujuan. Mengevaluasi adalah proses mengukur dan menentukan posisi atau kedudukan sesuatu berdasarkan sistem nilai tertentu.
Dalam buku teks pelajaran, sesudah penyajian bahan pelajaran, sesudah penyajian bahan pelajaran untuk satu atau beberapa indikator pencapaian tujuan dilakukan penilaian untuk mengetahahui sejauh mana hasil belajar siswa dalam mencapai indikator atau kometensi yang hendak dicapai.
Dalam penulisan buku teks pelajaran, penilaian dapat dilakukan sesudah setiap pokok bahasan untuk satu kompetensi atau subkompetensi.
Penilaian dapat diberikan dalam bentuk tugas, praktik, latihan, dan mengerjakan soal-soal dapat berupa esai, test objektif, atau campuran. Pemilihan bentuk soal dikaitkan dengan bentuk soal atau kompetensi yang hendak dinilai.
           
B.     Saran-saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan yang telah diuraikan di atas, sebagai tindak lanjut pemakalah memberikan saran-saran sebagai berikut:
1.      Makalah ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk memperkaya wawasan bagi siapa saja yang mempunyai minat dan perhatian terhadap pembinaan dan pengembangan menulis buku teks.
2.      Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran terhadap pemecahan masalah yang berkaitan dengan aspek-aspek penilaian dalam buku teks.
3.      Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk pemakalah selanjutnya, terutama yang berhubungan dengan aspek-aspek penilaian dalam buku teks.
  


DAFTAR RUJUKAN

Sitepu.2012.Penulisan Buku Teks Pelajaran.Jakarta:


Komentar

  1. Nama : Gusti Putri Pathiya arsyana NIM : A1B115210 Kelompok 6. Ingin bertanya bagaimana cara proses mengukur dan menentukan posisi atau kedudukan sesuatu dibandingkan dengan tujuan dalam mengevaluasi?. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mengukur dan menentukan posisi atau kedudukan sesuatu dengan:
      1. Mengingat
      2. Mengerti
      3. Menerapkan
      4. Menganalisis
      5. Mengevaluasi
      6. dan menciptakan.
      sedangkan tujuan dalam mengevaluasi adalah memberikan pendapat berdasarkan kriteria dan standar serta dapat menjadi bahan perbaikan untuk kedepannya.
      Terima kasih.

      Hapus
  2. Assalamualaiku wr.wb nama saya Hastutya Trihapsari NIM A1B115211 dari kelompok 1. Saya ingin bertanya, apakah keberhasilan atau kegagalan seorang guru dalam mengajar itu di ukur dari kemampuan peserta didiknya menyelesaikan sebuah evaluasi? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr. wb. Nama saya Raudah Putri Ekasari, NIM:A1B115219 dari kelompok 5. saya akan menjawab pertanyaan dari Hastutya Trihapsari, menurut pendapat saya keberhasilan atau kegagalan seorang guru dalam mengajar itu dapat di ukur dari kemampuan peserta didiknya menyelesaikan sebuah evaluasi, mengapa demikian? Karena, hal itu tertulis dalam tujuan penilaian hasil belajar salah satunya yaitu: Hasil dari asesmen dapat pula memberikan informasi kepada orang tua dan komite sekolah tentang efektivitas pendidikan, tidak perlu menunggu akhir semester atau akhir tahun. Komunikasi antara pendidik, orang tua dan komite harus dijalin dan dilakukan terus menerus sesuai kebutuhan. Terima kasih.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANCANGAN BUKU TEKS

Kelompok 1